Cantik ala Wanita Cina

Cantik,  putih dan berambut hitam lurus. Begitulah ciri khas wanita Asia, khususnya mereka yang tinggal di kawasan Asia TImur seperti Cina. Mereka umumnya jarang yang menggunakan make up berlebihan, cukup dengan pulasan tipis make up pada wajah, mereka sudah terlihat cantik alami. Di samping Cina terkenal dengan metode kesehatan, Cina juga terkenal dengan ramuan kecantikan. Maka, tak perlu heran bila kini banyak kosmetik yang menggunakan bahan dasar ramuan khas Cina. Berikut ini ada beberapa tips kecantikan ala Cina yang sayang untuk Anda lewatkan. Di antaranya:

Konsumsi rumput laut. Rumput laut memiliki kandungan karbohidrat, protin, vitamin A, vitamin C, klorofil dan antioksidan. Vitamin dan klorofil yang terkandung dalam tanaman sejenis ganggang laut ini dapat bermanfaat memelihara kadar kolagen, membunuh bakteri jerawat, membuat kulit kencang dan kenyal. 

Rumput laut juga merupakan rahasia awet muda orang Cina karena kandungan proteinnya mencegah penuaan dini dan meremajakan kulit. Rumput laut sangat kaya akan serat, karenanya sangat baik bagi pencernaan dan menyerap garam lebih banyak. Menariknya dari mengonsumsi rumput laut yaitu kita akan merasa kenyang lebih lama. 

Meminum teh. Meminum teh adalah ritual berkhasiat Orang Cina sejak dahulu kala. Manfaat dari teh adalah dapat membuat tubuh menjadi kuat, sehat, dan membentuk pinggang yang ramping. Teh Cina terkenal kaya akan antioksidan yang berguna sebagai penangkal radikal bebas sehingga membuat kulit tetap indah. Ada pun jenis teh yang mereka konsumsi adalah teh hijau, teh oolong dan teh putih.

Teh hijau sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet karena dapat melangsingkan tubuh. Apabila dilihat dari segi kesehatan, teh hijau dapat lebih bermanfaat sebagai pencegah kanker, mencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol, dan juga menurunkan kadar gula darah. Sama halnya dengan teh hijau, teh putih yang berasal dari kuncup daun teh muda yang berfungsi membakar kalori dalam tubuh. Selain itu teh putih dalam tubuh dapat berperan sebagai anti-virus dan anti-bakteri yang dapat menjaga sistem imunitas tubuh. Sedangkan teh oolong adalah hasil dari peralihan antara teh hijau dengan teh hitam. Teh ini mengandung kafein yang tinggi, karenanya teh oolong dinilai lebih bagus dari teh hijau. Teh oolong juga berkhasiat sebagai pembakar lemak yang efektif.

Gingseng. Gingseng banyak mengandung antioksidan, vitamin C, dan mineral yang terdapat pada akar dan daunnya. Kandungan tersebut menutrisi kulit dan membantu mengeluarkan sel-sel kulit mati. Kemudian menghasilkan kulit baru yang lebih kencang dan gingseng dapat mencegah timbulnya keriput. Hal ini karena gingseng juga mengandung kolagen  yang membuat kulit menjadi elastis.

Bubuk Mutiara. Sejak dahulu kala wanita China menggunakan bubuk mutiara yang tentu berasal dari mutiara yang mengendap di dasar laut. Bubuk mutiara mengandung mineral dan asam amino yang berkhasiat untuk menghilangkan jerawat, kerutan, dan bintik-bintik cokelat pada kulit. Biasanya wanita Cina menggunakan bubuk mutiara sebagai masker atau pil kecantikan.

Shampoo alami dan minyak Camellia. Rahasia rambut cantik wanita Cina yang lurus, hitam dan lembut adalah karena mereka menyukai menggunakan sampo alami. Misalnya seperti menggunakan urang aring, minyak kelapa, kemiri, the hijau. Penggunaan sampo alami aman karena tidak menggunakan bahan kimia seperti sampo pada umumnya. Karena kebanyakan wanita Cina berambut tipis, mereka banyak menggunakan minyak camellia agar tetap indah dan lembut.

Buah persik. Buah persik adalah buah khas Cina. Buah ini berair dan rasanya manis serta  mudah ditemukan  kapanpun karena sifatnya yang dapat beradaptasi dengan berbagai iklim. Buah persik mengandung antioksidan, vitamin A, vitamin K, vitamin C dan vitamin E dalam kadar yang besar. Buah ini dapat membantu Anda mengontrol berat badan, menyehatkan mata, dan tentu sangat baik untuk kulit.